Posted on: July 21, 2022 Posted by: admin Comments: 0

Serpihan putih akibat dari pengelupasan sel kulit mati di rambut sering disebut juga dengan ketombe. Ketombe ini sering disertai rasa gatal yang mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan ketombe antara lain kulit kepala kering hingga tidak cocoknya sampo. Menggunakan sampo anti ketombe bisa jadi solusi. Simak cara lainnya.

1.  Keramas secara Rutin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala kering. Untuk mengatasi hal tersebut, keramaslah secara rutin apalagi jika Anda memiliki tipe kulit kepala yang mudah berminyak.

Dengan mencuci rambut, sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala akan terangkat sehingga jamur penyebab ketombe tidak bisa hidup di kulit kepala. Namun, jangan terlalu sering keramas, apalagi setiap hari karena dapat menghilangkan minyak alami rambut.

2. Gunakan Sampo Anti Ketombe

Sampo Anti Ketombe diformulasikan khusus untuk mengatasi ketombe. Umumnya sampo anti ketombe mengandung natrium lauril sulfat, ketoconazole, asam salisilat, dan mentol. Natrium lauril sulfat dan ketoconazole diketahui efektif dalam mengatasi ketombe karena jamur.

Sedangkan asam salisilat berfungsi dalam melawan rasa gatal akibat ketombe. Mentol memberikan sensasi segar dan membantu aliran darah ke kulit kepala sehingga bisa menjaga kesehatan kulit kepala.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Selain sampo anti ketombe, minyak kelapa juga terkenal dapat mengatasi masalah ketombe secara alami. Kandungan minyak kelapa diketahui bisa melembabkan kulit kepala sehingga tidak kering. Cukup oleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala. Pijat secara lembut kemudian bilas dengan sampo hingga bersih.

4. Gunakan Tea Tree Oil

Cara alami lainnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Anda bisa menggunakan secara langsung atau mencampurkannya dengan lidah buaya atau sampo yang Anda pakai. Tea Tree Oil akan membantu mengurangi rasa gatal dan menghambat pertumbuhan jamur ketombe.

Itu dia 4 cara mengatasi ketombe. Pastikan bahwa Anda menggunakan sampo yang pas dengan kondisi kepala. Anda bisa menggunakan sampo anti ketombe juga jika sampo yang biasanya tidak cocok.

Leave a Comment