Kapan Bunda Harus Menghubungi Dokter Kandungan ?

Ketika usia kehamilan sudah tua dan menjelang hari kelahiran, maka bunda biasanya mengalami berbagai tanda yang muncul. Tanda-tanda melahirkan yang muncul menandakan bahwa bunda sudah akan melahirkan, maka dari itu perlu bagi bunda untuk mengetahui tanda-tanda bersalin agar dapat segera melakukan pertolongan pertama. Berikut ini beberapa tanda dari melahirkan yang biasa dialami ketika akan melahirkan :

Keluarnya flek

Flek biasanya muncul ketika bunda akan melahirkan. Flek muncul karena adanya perubahan serviks.Pada usia kehamilan memasuki 9 bulan biasanya dokter bisa melihat perubahan pada serviks bunda.

Pecahnya air ketuban dan kontraksi

Pecah air ketuban adalah kondisi dimana cairan pecah dan mengalir keluar melalui vagina bunda, apabila cairan ini sudah keluar baik dalam jumlah volume yang banyak ataupun sedikit, sebaiknya bunda harus segera menghubungi dokter atau pergi kerumah sakit.

Biasanya tanda – tanda melahirkan bunda akan mengalami kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketuban pecah. Namun, kontraksi juga bisa terjadi beberapa bulan terakhir menjelang persalinan. Untuk itu bunda perlu mengetahui bagaimana membedakan kontraksi asli ingin melahirkan yaitu jika kontraksi dialami secara teratur, semakin kuat dan intens maka kondisi ini bisa diartikan bunda akan melahirkan, kontraksi persalinan biasanya berlangsung sekitar 30 hingga 70 detik dan berlanjut terlepas bagaimana posisi dan tingkat aktivitas bunda.

Tanda melahirkan lainnya

Selain itu, biasanya bunda juga akan merasa gejala seperti mulas, mual, diare dan sakit kepala. Gejala-gejala yang hampir mirip ketika menstruasi seperti kram perut dan emosi yang tidak stabil.

Ketika memasuki masa kehamilan tua bunda lebih baik mempersiapkan perlengkapan menjelang kehamilan agar selalu siap ketika gejala melahirkan tiba. Apabila tanda-tanda melahirkansudah muncul akan lebih baik untuk bunda segera menghubungi dokter, bila bunda mengalami pecah ketuban maka jangan tunda lagi untuk menghubungi dokter. Sebagai persiapan, bunda dapat menggali informasi terkait persalinan melalui tools yang disediakan oleh nutriclub dimana banyak sekali tools yang dapat bunda andalkan seperti Deteksi potensi melahirkan cesar, deteksi potensi melahirkan prematur, ensiklopedia kehamilan, jangan cemaskan mitos kehamilan, tools-tools ini dapat bunda temuka di website www.nutriclub.co.id . semoga bermanfaat.

Description: tanda – tanda melahirkan yang paling sering adalah keluarnya lender darah dan kontraksi yang semakin sering dirasakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.