Kasus Positif Bebani Rumah Sakit, Thailand Minta Warga Isolasi Mandiri

Thailand akan meningkatkan jumlah pasien positif virus corona (Covid 19) yang perlu menjalani isolasi mandiri di rumah menjadi 100.000 orang. Hal itu karena kapasitas fasilitas kesehatan di negara itu kini mengalami keterbatasan di tengah lonjakan kasus yang didorong munculnya varian B.1.617.2 (Delta). Sebelumnya, selama masa pandemi ini, semua pasien Covid 19 di Thailand harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Namun sejak bulan lalu, pihak berwenang memperkenalkan kebijakan isolasi mandiri di rumah kepada lebih dari 30.000 pasien dengan kategori gejala ringan atau tanpa gejala yang berada di wilayah Bangkok dan provinsi sekitarnya. Seperti yang disampaikan pejabat kesehatan Thailand, Natthapong Wongwiwat. "Saat ini ada 60.000 pasien yang diisolasi di rumah dan kami berharap dapat memperluas kapasitas itu menjadi 100.000," kata Wongwiwat.

Read More

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (3/8/2021), pasien yang menjalani isolasi mandiri ini akan menerima peralatan medis pendukung, obat obatan, makanan, serta konsultasi telemedicine dengan dokter. "Jika kondisi memburuk, mereka akan dipindahkan ke rumah sakit lapangan atau rumah sakit rujukan," jelas Wongwiwat. Perlu diketahui, lonjakan kasus Covid 19 yang didorong penyebaran varian Delta telah mengguncang benua Asia, termasuk negara seperti Thailand dan Vietnam yang sebelumnya dinyatakan relatif berhasil menekan angka penularan virus tersebut.

Varian yang sangat menular ini dianggap sebagai penyebab di balik peningkatan kasus Covid 19 yang terjadi di Thailand pada bulan lalu. Wabah yang berlangsung saat ini pun diketahui merupakan yang terburuk di negara itu sejak pandemi dimulai. Pada hari Minggu lalu, pemerintah kota Bangkok akhirnya memperpanjang aturan pembatasan ketat di kota itu.

Sekretaris Kesehatan Tetap Thailand Kiatiphum Wongrajit mengatakan bahwa sekitar 90 persen dari 40.000 tempat tidur yang tersedia di rumah sakit di Bangkok telah terisi pada Senin kemarin. "Secara nasional, 80 persen dari 175.000 tempat tidur rumah sakit di Thailand telah terisi," kata Wongrajit. Sementara itu, gugus tugas Covid 19 negara itu pada hari Senin kemarin melaporkan 17.970 kasus infeksi baru, sehingga total beban kasus di negara itu menjadi 633.284 infeksi, dengan 5.074 kematian.

Menariknya, lonjakan kasus infeksi ini telah meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi yang sejauh ini dinilai lamban, dengan hanya sekitar 6 persen dari 66 jutaan warga Thailand yang telah divaksinasi secara penuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.