Mengapa Politikus Bergantian Temui Gibran di Solo? Dari Fahri Hamzah, Cak Imin hingga Ahok

Sejak dilantik jadi Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021 lalu, Gibran Rakabuming Raka banyak disambangi oleh politikus nasional. Sebutlah diantaranya Fahri Hamzah, Muhaimin Iskandar hingga Ahok. Belum lagi para menteri Jokowi yang bergantian menyambangi putra presiden Jokowi itu di Solo.

Di bagian akhir tulisan ini, Pengamat Politik Ray Rangkuti menganalisis secara tajam kepentingan politik di balik 'sowannya' para politisi ke Gibran di Solo. Terbaru adalah kunjungan Komisaris Utama PT Pertamina yang juga Politikus PDIP, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, ke Solo bertemu Gibran pada Rabu (7/4/2021) malam. Mereka bertemu di rumah dinas Gibran, Loji Gandrung Solo.

Read More

Pertemuan itu dikabarkan Gibran di akun Facebooknya, Gibran Rakabuming. Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, kedatangan Ahok ke Solo ini merupakan kali kedua. Ahok pernah datang ke Solo pada 9 Februari 2012 saat Wali Kota Solo masih dijabat ayah Gibran.

Dengan suka cita saya menerima silaturahmi Pak @basukibtp di Lodji Gandrung. Kebetulan kedatangan pertama dan terakhir beliau ke Solo adalah pada 9 Februari 2012, dan ini kali kedua Pak Ahok mengunjungi Solo ," tulis Gibran. Gibran menjelaskan, dalam pertemuan itu, Gibran berdiskusi soal penataan kota hingga soal kepemimpinan. Kunjungan ini pun saya manfaatkan untuk berdiskusi mengenai penataan kota. Saya belajar berbagai hal positif dari beliau, termasuk masukan untuk memperbanyak ruang terbuka hijau. Beliau juga banyak berbicara mengenai leadership, saya pun antusias menyimak. Cita cita Pak @basukibtp yang sebelumnya sebagai businessman kemudian terjun ke politik masih sama, yakni ingin lebih bermanfaat untuk orang banyak, " tulisnya lagi.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Rabu (24/3/2021). Dalam pertemuan yang berlangsung di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Muhaimin menyingung beberapa hal, termasuk kemungkinan Gibran untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Cak Imin, sapaan Muhaimin, siap mendukung Gibran jika nantinya menjadi calon Gubernur Jakarta.

Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo diminta untuk menyelesaikan tugasnya di Solo terlebih dahulu. "Makanya sukses dulu Solo nanti bisa ke mana pun. Insya Allah lah. Mas Gibran ini pemimpin masa depan yang sukses di Solo akan membawa kemajuan di mana mana. Siap, pasti siap (mendukung)," kata Cak Imin. Gayung bersambut, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga mendukung Gibran jadi calon gubernur DKI Jakarta.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/3/2021). Bersama rombongan, Fahri tiba di rumah dinas wali kota Solo sekitar pukul 16.15 WIB. Ia disambut putra sulung Presiden Jokowi di pintu masuk utama rumah dinas.

Setelah itu mereka langsung menuju ke ruangan rapat. Fahri mengatakan, kedatangannya ke Solo untuk memberikan ucapan selamat kepada Gibran yang terpilih sebagai wali kota dalam Pilkada 2020. Selain itu, dia mengaku banyak berdiskusi dengan Gibran terkait masa depan pengelolaan kota.

"Kita di Partai Gelora menawarkan konsep konsep yang bisa kita gunakan bersama sama. Dalam tagline kami berkolaborasi tentunya dengan beliau," kata Fahri di Loji Gandrung Solo, Sabtu. Pertemuan yang berlangsung tidak kurang satu jam itu, kata Fahri juga mengungkapkan tentang mimpi Gibran membangun Solo ke depan. Gibran mengatakan tidak ada pembicaraan politik dalam pertemuannya dengan Fahri Hamzah.

"Cuma ngopi ngopi aja. Tidak ada pembicaraan politik. Tidak ada pembicaraan serius. Namanya orang menjalin silaturahmi," ungkap Gibran. Selain pertemuan dengan para politikus, sejumlah menteri yang saat ini jadi pembantu Presiden Jokowi juga bergiliran menyambangi Gibran di Solo. Diantaranya adalah :

Dua hari setelah dilantik sebagai Wali Kota Solo, Gibran dikunjungi Menhub Budi Karya Sumadi. Mengutip dari , pada Minggu (28/2/2021)Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bertemu dan meninjau di Terminal Tirtonadi Tipe A, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo hingga Palang Joglo yang selama ini macet parah. Kedatangan Menhub disambut Gibran dan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Selepas itu, Gibran, Teguh, dan Budi langsung menggelar rapat bersama di salah satu ruang Terminal Tirtonadi. Rapat tersebut kelar sekira 14.25 WIB dan mereka langsung meninjau lantai 2 Terminal Tirtonadi. Gibran, Teguh dan Budi mengecek food court, sport center, dan convention hall yang berada di sana.

"Ada potensi luar biasa dari Terminal Tirtonadi dengan upaya pembangunan convention hall, sport center, dan food court," kata Budi. "Itu bisa menjadi contoh bagi kota kota yang lain," tambahnya. Setelah Menhub, Gibran dikunjungi Menag Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat (5/3/2021) di Balai Kota Solo.

Mengabarkan, pertemuan mereka terjadi sehari jelang peletakan batu pertama pembangunan miniatur Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA). Masjid hadiah pangeran UEA untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut dibangun di lahan eks Depo Pertamina, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Luas lahannya kurang lebih 3 hektare.

"Tentu ini persiapan untuk ground breaking Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque besok yang direncanakan akan dihadiri Menteri Energi dan Menteri Wakaf dari UEA," terang Yaqut, Jumat (5/3/2021). Sementara diberitakan , Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendampingi Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan I di Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (10/3/2021). Dalam sambutannya, Menaker Ida kembali menegaskan bahwa BLK harus menjadi titik kumpul antara kebutuhan industri dan dunia usaha. BLK juga harus menjadi rumah yang nyaman bagi kepentingan dunia industri dan dunia usaha.

Menurut Menaker Ida, sinergi antara BLK dan dunia usaha sangat penting karena satu dan yang lain memiliki kepentingan yang saling mendukung. "Kita butuh dunia industri agar para alumni, peserta pelatihan ini bisa ditempatkan di dunia industri atau dunia usaha. Dunia usaha, dunia industri butuh kita untuk kompetensinya," ucapnya. Pada kesempatan ini, selain membuka PBK I, Menaker Ida bersama Wali Kota Solo, Gibran juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemnaker dengan 15 lembaga dan perusahaan, serta meresmikan Lobby dan Talent Corner BLK surakarta. Pertemuan Gibran dan Erick Thohir berlangsung saat acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (6/3/2021).

Dalam akun Instagramnya, Erick Thohir juga mengunggah kebersamaannya bertemu Gibran dan pejabat penting lainnya. Ini unggahannya: Terbaru, Gibran bertemu dengan Menpora Zainudin Amali.

Menpora dan Gibran bertemu dalam pembukaan kompetisi sepak bola Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo pada MInggu (21/3/2021). Selain bertemu Menpora, Gibran juga turut mendampingi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Hal itu terungkap dalam unggahan di akun Instagram Gibran.

Seperti ini unggahannya. Selain bertemu lima menteri Jokowi, Gibran juga bertemu eks Menparekraf Wishnutama. Ayah dari Jan Ethes Srinarendra itu bahkan mengajak keliling Wishnutama di Kota Solo.

Sejumlah tempat dikunjunginya. Mulai dari Taman Satwa Taru Jurug, Lokananta, hingga Musem Batik Keris. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba di Pendapi Gede Balai Kota Solo pada Kamis (25/3/2021) pukul 14.00 WIB untuk meninjau vaksinasi massal.

Kedatangan Listyo Sigit disambut Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Listyo Sigit datang didampingi oleh Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi. Listyo, Luthfi, dan Gibran langsung melakukan peninjauan ke lokasi vaksinasi Covid 19.

"Hari ini peninjauan vaksinasi massal di Solo," kata Listyo. "Hari ini kurang lebih 400 penerima vaksin terdiri tenaga pendidik, meliputi dosen perguruan tinggi serta tokoh lintas agama," tambahnya. Ya, sejumlah tokoh lintas agama turut divaksinasi.

Guru ngaji Presiden Jokowi, Gus Karim menjadi satu diantaranya. Saat pemberian vaksin, Listyo, Luthfi, dan Gibran menemani Gus Karim di atas panggung yang telah disediakan. "Rata rata antusias melaksanakan kegiatan vaksinasi. Ke depan vaksinasi semakin lancar," ujar Listyo.

"Upaya pemerintah pusat membentuk masyarakat yang kebal atau herd imunity," imbuhnya. Pengamat Politik, Ray Rangkuti mengatakan salah satu alasan Para politikus 'sowan' ke Gibran terkait Pilkada dan Pilpres 2024.

"Salah satu rahasia pilkada 2024 yang akan datang. Gibran potensial akan diusung bisa jadi calon gubernur Jateng, maupun DKI Jakarta," ujar Ray ketika dikonfirmasi. Menurut Ray, itulah salah satu keuntungan jika pilkada tetap dilaksanakan pada 2024 yang akan datang. "Gibran bisa diplot untuk cagub entah Jateng atau DKI Jakarta," ujarnya.

Maka, lanjut Ray, jika ketua dan elite partai, satu satu sowan kepada Gibran maka bisa dibaca dalam rangka kepentingan 2024 itu. "Pada 2024 pesona dan pengaruh pak Jokowi belum memudar. Meraup Gibran, sekaligus meraup keuntungan politik pak Jokowi. Jadi sekali dayung, 2 pulau terlampaui," ujar Ray.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.