Mengenal Apa Itu Keputihan, Penyebab, dan Penanganannya

Setiap orang pastinya sudah pernah yang mengalami keputihan. Sebenarnya keputihan yang terjadi pada wanita itu normal dan teratur. Bagi kamu yang belum tahu, keputihan adalah keluarnya cairan bening yang terdiri dari sel dan bakteri untuk membersihkan area kewanitaan dari infeksi dan bakteri jahat. 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa keluarnya cairan keputihan pada wanita ini normal dan merupakan proses alami. Namun ketika cairan keputihan yang keluar mengalami perubahan warna bisa jadi tanda penyakit atau infeksi. Terlebih perubahan warna ini juga disertai bau, tekstur, dan jumlah menjadi tanda adanya masalah keputihan abnormal. 

Ketika seorang wanita alami keputihan abnormal tentu sangat mengganggu dan perlu penanganan yang tepat. Penting sekali mengenal tanda keputihan normal dan abnormal agar kamu lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. 

Ciri-ciri keputihan normal dan abnormal pada wanita 

Keputihan adalah masalah yang cukup mengganggu sebagian besar wanita. Mengingat keputihan ini juga bisa sebagai tanda berbahaya yang harus kamu pahami. Lebih lengkapnya bisa simak penjelasannya berikut ini : 

Ciri-Ciri Keputihan Normal 

Keputihan adalah kondisi normal yang dialami setiap wanita setiap bulan. Keputihan ini akan muncul sebelum dan sesudah menstruasi atau masa subur. Keputihan yang normal biasanya jernih dan transparan berupa cairan air dan lengket. 

Keputihan normal biasanya tidak berbau dan kemunculannya dipengaruhi oleh sistem hormonal. Jumlah cairan yang keluar pun tergantung dari siklus bulanan. 

Ciri-Ciri Keputihan Abnormal 

Keputihan abnormal sering kali terjadi karena adanya infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit. Ciri-ciri keputihan yang abnormal bisa simak ulasannya berikut ini : 

  • Cairan berwarna hijau atau kuning 
  • Mengeluarkan bau tak sedap 
  • Muncul rasa gatal di dalam, luar, dan sekitar bibir vagina

Keputihan ini biasanya terjadi setelah melakukan hubungan seksual. Kalau terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan basah. Selain itu ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan keputihan tidak normal. 

Penyebab Keputihan Tidak Normal 

Setelah mengetahui beberapa tanda keputihan tidak normal, kini akan dijelaskan beberapa penyebab keputihan abnormal. Berikut ini penyebabnya : 

  • Tidak menjaga kebersihan area vagina 
  • Terlalu sering menggunakan celana atau pakaian dalam terlalu ketat 
  • Sering mandi atau berendam di air panas atau hangat. Mengingat jamur bisa tumbuh di kondisi hangat hingga menyebabkan keputihan
  • Menderita penyakit tertentu seperti gonore, diabetes, kanker serviks, dan lainnya

Apabila kamu mengalami keputihan abnormal maka segera lakukan penanganan agar bisa cepat sembuh. Penangan keputihan, bisa dilakukan tergantung dari penyebab keputihan. Apabila keputihan ini disebabkan oleh infeksi jamur maka kamu bisa menggunakan obat antijamur. 

Apabila kamu sudah melakukan penanganan keputihan dan sudah sembuh maka perlu melakukan pencegahan. Setiap wanita sangat disarankan untuk mengetahui cara pencegahan agar tidak sampai terjadi keputihan abnormal. 

  • Hindari untuk menggunakan sabun beraroma atau dounche
  • Hindari juga mandi busa dan menyemprot area kewanitaan 
  • Pastikan untuk menjaga kebersihan vagina secara rutin 
  • Mencuci dan membersihkan area luar vagina
  • Saat mengusap vagina, pastikan mengusap dari depan ke belakang
  • Jangan sampai terbaik proses mengusap vagina agar tidak ada bakteri yang masuk ke vagina
  • Jangan sering ganti-ganti pasangan saat hubungan seksual 
  • Hindari penggunaan pakaian ketat dan pilihlah celana dalam bahan katun 

Itulah penjelasan mengenai keputihan yang terjadi pada wanita. keputihan adalah kondisi normal seorang wanita mengeluarkan cairan bening di saat sebelum atau sesudah menstruasi. Ketika kamu alami keputihan abnormal segera lakukan penanganan dan pencegahan seperti yang sudah dijelaskan diatas, semoga bermanfaat. 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.