Supaya Si Kecil Tidak Gampang Sakit, Tiru Trik Ini, Yuk, Bunda!

Belakangan, cuaca sering tidak menentu, terkadang panas lalu bisa hujan tiba-tiba. Cuaca pancaroba seperti ini tentu bisa membuat si kecil lebih mudah sakit. Untuk itu, yuk, cegah dengan rutin memberinya suplemen daya tahan tubuh. Selain suplemen, Bunda juga bisa menerapkan beberapa tips berikut:

1. Cukupi waktu istirahatnya

Salah satu kunci mencegah supaya si kecil tidak mudah sakit adalah cukupi waktu istirahatnya. Mencukupi waktu istirahat dapat membantu menjaga metabolisme tubuh si kecil agar tetap sehat. Jika tidur si kecil kurang, tentu daya tahan tubuhnya bisa menurun dan lebih mudah diserang penyakit.

2. Ajak si kecil berolahraga

Jangan lupa mengajak si kecil berolahraga karena dapat membantu menjaga peredaran darah di tubuhnya serta kerja paru dan jantung si kecil pun menjadi lebih aktif. Selain itu, keringat yang dihasilkan dari berolahraga juga akan membantu mengeluarkan zat kotor dari dalam tubuh si kecil. Tak perlu olahraga berat, Bunda bisa mengajak si kecil berolahraga di halaman rumah sambil bermain bola atau berlari-larian kecil.

3. Ajarkan si kecil menjaga kebersihan sejak dini

Selain olahraga dan istirahat, menjaga kebersihan juga menjadi kunci utama supaya si kecil tidak mudah diserang penyakit. Hal yang paling sederhana adalah selalu mengingatkan si kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta mandi minimal 2 kali sehari. Tak hanya itu, ingatkan pula si kecil untuk mencuci kaki setelah bepergian dari luar rumah.

4. Jauhkan si kecil dari asap rokok

Pastikan untuk menjauhkan si kecil dari asap rokok karena asap yang terhirup serta residu rokok yang menempel tanpa sengaja di baju si kecil bisa menyebabkan terganggunya pernapasan dan si kecil juga akan lebih rentan terkena penyakit yang disebabkan paparan asap rokok.

5. Beri makanan yang bergizi

Untuk meningkatkan imun si kecil, jangan lupa beri makanan yang bergizi tinggi ya, Bunda. Beberapa makanannya seperti bayam, wortel, kacang-kacangan, buah-buahan, serta berbagai macam protein hewani seperti daging atau ikan.

Semoga setelah membaca artikel ini, Bunda bisa mulai menerapkannya kepada si kecil agar lebih siap menghadapi cuaca yang selalu berubah ini, ya, Bunda.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.